Selasa, 29 Agustus 2023

Verifikasi HD Temawang Bulai

Kemarin tanggal 27 Agustus 2023 kami bersama tim vertek melakukan kegiatan verifikasi teknis usulan calon Hutan Desa yang berada di Desa Temawang Bulai Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang.

Hadir dalam kegiatan verifikasi teknis antara lain BPSKL Kalimantan Seksi Wilayah II, DLHK Prov. Kalbar, KPH Melawi, Yayasan Planet Indonesia, Sampan Kalimantan, Kades dan Sekdes Temawang Bulai beserta LDPH Temawang Bulai.

Tujuan kegiatan verifikasi teknis ini untuk mengetahui kebenaran subjek LDPH dan objek calon lokasi Hutan Desa serta pemanfaatannya. Setelah melalui proses verifikasi teknis di lapangan subjek LDPH dan objek HD sesuai usulan dan berada di Desa Temawang Bulai. Dan selama ini kawasan hutan di wilayah Desa Temawang Bulai dimanfaatkan jasa lingkungannya oleh masyarakat setempat untuk air bersih dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh).

Hari berikutnya, kami bersama tim vertek melakukan pembahasan hasil verifikasi untuk kemudian dituangkan ke dalam berita acara sebagai bahan pertimbangan penyusunan SK oleh KLHK dan laporan kami ke pimpinan.

Harapannya setelah proses verifikasi teknis ini dilakukan, LDPH mendapatkan SK Persetujuan Pengelolaan Hutan Desa dan mendapatkan pendampingan paska ijin guna mewujudkan peningkatkan ekonomi masyarakat dengan menjaga kelestarian hutan desanya.

Semoga..


Silahkan tulis saran, kritik dan komentar Anda pada kotak komentar di bawah ini, terima kasih..

Tidak ada komentar: