Jumat, 04 Agustus 2023

Coffee Morning Bersama BMKG

Pagi hari ini menghadiri "coffee morning" yang difasilitasi oleh BMKG Nanga Pinoh dalam rangka pengenalan aplikasi Spartan BMKG, diskusi isu karhutla dan silaturahmi..

Hadir dalam pertemuan ini dari tim BMKG, tim KPH Melawi, tim Manggala Agni Ponja Melawi dan tim BPBD Melawi yang membahas terkait pengaplikasian data Spartan BMKG berbasis webgis yang bisa diolah untuk memetakan lokasi rawan karhutla serta mendukung penentuan rencana lokasi patroli kawan-kawan Brigade.

Selain itu juga dibahas isu karhutla khususnya yang berkaitan dengan penerapan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat No. 1 Tahun 2022 dan Peraturan Bupati Melawi No. 44 Tahun 2022 tentang tata cara pembukaan lahan berbasis kearifan lokal, yang ternyata dalam penerapan aturan main di lapangan masih banyak yang belum dilaksanakan. Oleh sebab itu perlu adanya tindakan preemtif dan preventif dari pemerintah, pemegang ijin dan pihak terkait lainnya berupa sosiasisasi secara masif sebagai bentuk penyadartahuan kepada masyarakat supaya aturan terkait pembukaan lahan ini segera diterapkan di tingkat tapak. Selain itu juga dibahas apa saja solusi alternatif yang bisa dilakukan untuk mengurangi potensi terjadinya pembukaan lahan oleh masyarakat.

Dan di akhir acara kemudian dilakukan foto bersama..

Silahkan tulis saran, kritik dan komentar Anda pada kotak komentar di bawah ini, terima kasih..

Tidak ada komentar: