Rabu, 02 Agustus 2023

Inisiasi Pemetaan Tapal Batas Antar Desa

Hari ini mengikuti kegiatan Inisiasi Pemetaan Tapal Batas Antar Desa di Desa Laman Mumbung Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi yang dihadiri langsung oleh Camat Menukung, DPMD Melawi, TNBBBR, KPH Melawi, AMAN Melawi, Kades Laman Mumbung, Kades Nusa Poring, Kades Sungai Sampak, Para Tumenggung, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta para perangkat ke-3 desa tersebut di atas dan kegiatan ini difasilitasi oleh AMAN Melawi.

Dalam sambutannya, Camat Menukung menyampaikan bahwa sejak dulu para sesepuh/tokoh masyarakat sudah mengetahui batas desa dengan jelas dan biasanya menggunakan batas alam, namun itu belum terdokumentasikan dengan baik. Oleh karena itu perlu adanya pemetaan sehingga bisa didapatkan data spasial dan diketahui letak geografis batas antar desa. Dan hari ini telah dipaparkan data historis batas antar desa, adapun desa-desa yang berbatasan langsung juga telah menyepakati data historis yang telah disampaikan di atas untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan melakukan pemetaan partisipatif.

AMAN Melawi mengajak KPH Melawi untuk terlibat langsung dan berperan sebagai fasilitator dalam pelatihan dasar pengenalan dan penggunaan gps bagi masyarakat. Pelatihan ini sebagai bekal teknis bagi masyarakat dalam melakukan pengambilan data di lapangan (data spasial batas desa) dalam pemetaan partisipatif nantinya.

Adapun output dari kegiatan ini adalah terwujudnya peta desa yang berisi data spasial yang disepakati bersama oleh pihak desa yang berbatasan langsung. Harapannya dengan adanya peta desa ini bisa digunakan oleh pemerintah desa dalam menyusun tata ruang desa serta sebagai salah satu persyaratan dalam mendapatkan alokasi dana desa dari pemerintah pusat.


Silahkan tulis saran, kritik dan komentar Anda pada kotak komentar di bawah ini, terima kasih..

Tidak ada komentar: